26 Agu 2013

Cara Membuat Skripsi Bab 1

Untuk membuat skripsi khususnya bab 1.  terlebih dahulu seorang mahasiswa harus tau format nya. lazimnya bab 1 berisi latarbelakang, identifikasi masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian. Seperti kutipan gambar dibawah ini. 
cara membuat skripsi bab 1
 
Langsung saja kita garap cara membuat skripsi bab 1. (misalnya anda mahasiswa keguruan akan meneliti peningkatan hasil belajar IPA pada materi gaya menggunakan media gambar)
 1. Mengisi latar belakang masalah.
Buatlah kerangka nya dan Gunakan pola dari umum ke khusus.
Misalnya anda ingin membuat 10 paragraf. Berarti kerangkanya adalah 3 paragraf tentang pendidikan, 2 paragraf tentang permasalahan yang kerap terjadi terkait hasil belajar, 3 paragraf tentang masalah penelitian anda, 1 paragraf  asumsi dasar memilih media x, 1 paragraf penegasan judul. 
Jumlah-jumlah paragraf di atas sebenarnya bebas yang terpenting adalah pola dari umum ke khusus. Perhatikan juga isi permasalahan yang anda paparkan sebisa mungkin untuk fokus dan lebih banyak pada yang terkait dengan penelitian anda. Bagi beberapa dosen latar belakang masalah harus fokus dan to the point pada masalah penelitian. Jika demikian maka latar belakang masalah anda hanya akan terdiri dari 2-5 paragraf saja.  Dibawah ini adalah contohnya.
cara membuat skripsi bab 1
2. Mengisi identifikasi masalah.
Untuk mengisi identifikasi masalah ambil berbagai masalah yang telah anda paparkan pada latar belakang masalah. Kemudian tuliskan poin per poin.
Contoh nya dibawah ini
Ambil kalimat bertanda merah kemudian letakkan pada identifikasi masalah seperti gambar dibawah ini.
3. Mengisi Rumusan masalah
Sebenarnya rumusan masalah adalah extraksi dari keseluruhan permasalahan yang akan anda teliti. Intinya adalah segala yang ingin anda ungkap lewat penelitian anda, ada di rumusan masalah. Tetapi ribet dan panjang penjelasannya.
Agar lebih simple. Lihat judul penelitian anda. (misalnya judul anda "meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya dengan menggunakan media gambar )
berarti rumusan masalahnya adalah "apakah gambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa  pada materi gaya" atau "apakah media x dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa". He he he.
 jadi deh rumusan masalahnya.
  
4. Mengisi Tujuan penelitian
 Isi dengan tujuan anda dalam melakukan penelitian. 
5. Mengisi Manfaat penelitian
Isi dengan manfaat yang akan didapat dari hasil penelitian anda
Tips :
Perhatikan sinkronisasi antara judul, latar belakang, identifikasi dan rumusan masalah. Jangan sampai ada yang tidak sinkron.
Note :
Format bab 1 untuk tiap universitas atau fakultas berbeda-beda. Tetapi  cara membuatnya tetap sama.(sip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RANDOM POST